Akan Ku Hapus Ingus Dipipi Ku Sendiri

Waktu berlalu...
Semua tertinggal di belakang
Masa depan belum tercipta
Lalu mengapa harus memperpanjang tangis...

Beberapa bulan berlalu
Hampir tidak pernah kulihat lagi purnama
atau penampakan bulan serupa celurit
Bahkan kulewatkan gerhana yang membuat bulan nampak kemerahan.

Keluh membosankan
Tawa dan canda berlebih mematikan perasaan
Tangisan yang dihapusi tidur berlebihan
Kemalasan yang dibayar kegagalan...

Tidak ada peluh yang ikhlas
atau langkah yang lepas
Senyum puas
Teriakan merdeka
Laju kencang motor penanda lega
Hilang kemana ???

Penjual es cendol dari tanah jawa. Menjamur datangnya. Mangkal bersisian dengan pedagang batu akik. Aku bertanya-tanya, mereka pada kemana saat musim hujan, sebab tentu tak ada yang makan cendol selagi hujan. Mungkin mereka kembali ke kampungnya. Bertani atau memelihara lele di sawah yang petaknya penuh terisi air hujan, lalu kembali saat sawah mengering...

Motorku melaju mengacau udara, mengadu aspal dengan roda. Melaju menahan terik matahari pukul dua. Baru saja kutinggalkan rumah sakit di tengah kota, lalu ku bergegas menuju rumah sakit tempat harusnya aku berjaga. Jaraknya tidak seberapa. aku tergesa-gesa sebab kubawa alat yang hendak dipakai buat operasi, ya, dokter bedah sudah menunggu di ruang operasi dan alatnya aku yang bawa.

Belum puas nafasku saling memburu, belum kering keringat di baju, pesan baru masuk di hapeku, sebuah instruksi baru.

ini bukan penjajahan, ini pengabdian...begitu bunyinya...:)

Beberapa bulan berlalu
Matahari menyinari sepuas-puasnya
Awan teduh aku cari-cari
Masih rindang pohon ki hujan
Menangkisi panas
Menyejukkan

Hilang kemana ?
Bangun pagi yang penuh semangat
Sesal terlambat mengikuti kuliah
Rasa haus pada ilmu yang terlalu
Kebahagiaan menemu baris demi baris ilmu baru

Sore tadi, anime Naruto tayang di televisi. Seorang tokoh pemerannya  berkata, "Orang-orang yang memiliki keyakinan dan terus-menerus mengasah diri karena keyakinannya, suatu saat nanti akan dikenang dan menjadi pahlawan yang sesungguhnya."

Berlanjutlah adegan saling beradu pedang sampai salah satu dari mereka tewas. 

lalu sepintas ku tengok televisi dan ada bapak B.J.Habibi di dalamnya, dalam sebuah acara Habibi ditanyai pasal cinta, " Saya dulu juga punya pacar sebelum ibu ainun, saya juga tertarik pada yang cantik-catik, sebab saya laki-laki normal toh..." penonton bersorak riuh sambil menepuk tangan, " Tapi saya fokes dengan cita-cita saya, saya tetap mengerjakan tugas-tugas saya." sambungnya dengan cara berbicara khas Habibi.

Terakhir kutipan dari seorang filsuf yang namanya agak ribet, Mihaly Csikszentmihalyi, katanya...
"People who find their lives meaningful usually have a goal that is challenging enough to take up all their energies, a goal that can give significance to their lives."

#yeay postingan di 2015, warnanya masih sama...and am moving on

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar